Kamis, 02 Agustus 2018

Rasanya Punya Kaki Tapi Gak Bisa Jalan


            21 Juni 2018 adalah hari yang gak pernah kebayang sama gue sebelumnya. Kecelakaan tunggal pas bawa motor buat hidup gue berubah. Sejak saat itulah kaki gue, lebih tepatnya bagian lutut kanan gak bisa ditekuk. Sedangkan kita kalau mau aktifitas kaya jalan, shalat atau aktifitas lain yang memerlukan kaki dan lutut penting banget. Dan gue malah gak bisa menggunakan lutut itu.
            Diurut udah, ke dokter udah dan sekarang lagi coba alternatif juga tapi malah tetep belum bisa jalan. Sebetulnya kuncinya cuma 1, “SABAR”. Kalau ditimpa musibah kaya gini ya mau gak mau buat lo sabar. Sabar buat aktifitas yang sedikit, sabar buat jalanin hidup yang sebelumnya biasa aja dan sabar buat pengobatannya.
            Istilahnya lo pake kaki lo buat lakuin aktifitas. Lo pergi kemana kan pake kaki. Sama Allah dikasih anggota tubuh yang sempurna buat dimanfaatkan dengan baik. Dan sekarang gue sedang tidak menggunakan anggota tubuh gue dengan sempurna.
            Emang ya namanya sehat itu mahal. Gue itung-itung selama gue pengobatan buat kaki ini udah abis LUMAYAN lah. Lumayan dalam artian lumayan ya. Lumayan juga nambah ngerepotin ayah -_-.
            Oiya kalau kalian tanya rasanya selama gak bisa jalan, lo tuh berasa “lumpuh” beberapa saat. Lebay sih, tapi menurut gue yang rasain ya gitu. Lo gak bisa pake bagian anggota tubuh lo dengan baik dan bisanya ngerepotin orang doang. Ngerepotin karena gak bisa ngapa-ngapain. Terlebih biasanya gue kalau dirumah nyapu ngepel dan ngerjain beberapa kerjaan rumah. sekarang gue cuma bisa duduk aja sama jalan ke kamar mandi sendiri. Kalau buat shalat juga, sampai sekarang gue belum bisa wudhu ke kamar mandi jadi pake tayamum. Untuk solatnya pun gua gabisa bisa shalat seperti biasa, jadinya gue duduk dengan posisi kaki kadang selonjor, karena lutut gue gak bisa ditekuk sepenuhnya. Kalau mau pergi kemana-mana, menghindari yang namanya anak tangga, karena gue gak bisa naiknya. Dirumah juga kalau semisal mau keluar rumah, harus lewatin kaya tangga kecil, gua minta  bantuan ayah atau sekarang gua suka akalin buat “ngesot” ke tempat yang gak terlalu rendah. Jadi kaya bertahap kalau mau turun juga. Yang tau posisi rumah gue pasti ngerti maksudnya ini.
            Cape loh pake tongkat. Kadang bantalan buat di ketiak kalau gak pas suka sakit. Tangan juga ditumpu buat pegang tongkatnya.
            Tapi ada kabar baik nih, sekaran kalau gue jalan pake tongkat udah mulai mahir, jadi yang dipake injek ke lantai itu si tongkatnya, baru kaki kiri yang posisinya gak sakit. Baru dilanjut ke kaki kanan (yang sakit). Pokoknya jangan sampe kaki kanan dikasih beban untuk jalan atau numpu, takutnya nanti makin parah kalau dikasih beban. Logikanya kalau kita jalan, lutut kan menopang berat atau beban kita. Jadi ya mau gak mau harus gitu kaya diatas caranya. Pegel sih pasti, sangat malah. Jalan juga gak bisa kejauhan atau kelamaan berdiri, karena ya gak kuat cuy capenya minta ampun. Jadi sekarang kalau ada apa-apa suka langsung duduk di kursi, atau ayah suka standby kursi lipet supaya gue gak terlalu lama berdiri.
            Namanya juga pengalaman dan takdir. Jalanin aja lah. Mau ngeluh juga udah keseringan sampe cape, jadi yaudah gak apa-apa. Tapi kalau dipikir, emang harus lebih banyak bersyukur loh guys. Giliran udah sakit gini mikir, “Nikmat ya kalau sehat”. Gak perlu ngerepotin orang lain, apa-apa bisa sendiri, apa-apa bisa kemana aja sesuka kita.
            Teguran dari Allah nih gue kaya begini, banyak hikmahnya. Orang-orang bisa tau cerita gue, bisa lebih hati-hati juga.
            Gue selalu mindsetkan pikiran gue buat semangat, masih banyak diluar sana yang lebih “kekurangan” dari gue atau dari kalian yang baca, jadi ya harus lebih bersyukur. Kan kata Allah juga, kalau kita semakin bersyukur dan ikhlas, Allah bakal kasih lebih sesuatu itu dan gue sedang mencoba melakukan itu dengan baik. Doakan semoga gue cepet bisa jalan ya guys, gue kangen jalan-jalan ke mall pake kaki, gausah pake kursi roda atau tongkat yang ribet itu L

Tidak ada komentar:

Posting Komentar