Minggu, 05 Agustus 2018

Belum Saatnya, Sip!

            Akhir-akhir ini lagi dilema. Sebetulnya dilema yang wajar gak wajar sih. Persoalannya soal “MENIKAH”. Kenapa gue bilang wajar, ya karena umur gue 23 tahun udah wajar untuk menikah, liat temen-temen gue juga yang udah banyak yang menikah muda. Dan gak wajar itu karena gue memikirkan menikah, tapi gue belum punya calon suaminya. Jadi wajar gak wajar kan?
            Gue kepikiran hal ini, sebetulnya ada sebabnya. Gak ada asep kalau gak ada api. Pada suatu ketika gue denger ada seseorang dia ngomong gini.
“Kalau kamu pacaran sama shifa, nanti takutnya punya keturunan sama kaya adenya”
            Oiya yang belum tau soal ade gue, gue kenalin dulu ya. Gue anak pertama dari tiga bersaudara. Adik pertama gue laki-laki, dia memiliki Down Syndrome (DS) atau keterbelakangan mental. Namanya Nugraha atau dipanggil aa. Aa sangat istimewa sekali di keluarga gue. Bahkan gue paling deket sama aa, dibanding kedekatan aa dengan adik gue yang bungsu. 

            Saat gue sangat amat sayang dengan adik gue yang spesial ini. Seseorang dengan mudahnya ngomong kaya gitu. Sakit hati gue denger omongan orang ini. Gue tau kayanya orang awam bakal mikir seperti ini. Kalau gue punya adik atau keluarga Down Syndrome, terus gue nikah, kelak gue bakal “nularin gen” ke anak gue kelak atau dalam artian gue bakal punya anak Down Syndrome juga. Gue yakin mertua disana bakal mikir seperti ini.
            Gue pun akhirnya tanya ke temen gue yang profesinya dokter soal masalah ini. Dan dia jawab dengan bijak
“Gaada yang bisa mastiin sip. Beberapa jurnal kedokteraan bilang bahkan kalau orangtuanya DS nikah sama orang normal sekalipun, kejadian anaknya kena DS juga 1%. Maksudnya 1 dari 100 kelahiran, karena Down Syndrome itu gak ada istilah “carrier” atau gen pembawa sifat. Jadi ga mungkin shifa punya gen Down Syndrome.”
            Lega rasanya denger omongan dokter satu ini. Gak ada kekhawatiran lagi di diri gue kalau gue mau nikah, insyallah gue bakal punya anak normal.
            Lagian nih ya, setiap orangtua yang udah nikah gue yakin gak kepengen punya anak yang kekurangan. Setiap orangtua pengen punya anak yang sempurna lahir dan batin. Tapi Allah yang tau, mana yang terbaik buat umatnya. Kita bisa menduga sekian macem, kalau kata Allah gak bisa—gak boleh—mau gimana sih kita sebagai manusia? Cuma bisa usaha sama berdoa aja buat lebih baik kan?
            Gue bersyukur punya aa. Keadaan dia yang spesial. Gue jadi bisa tau, laki-laki mana yang serius dan tanggungjawab sama gue, bisa tau laki-laki itu berani nerima gue sama keluarga gue gak. Banyak yang bilang,
“Cowok yang gak mau nerima aa tuh artinya cowok yang berpikiran pendek, seharusnya dia mikir kalau nikah itu bukan urusan kamu sama dia doang, tapi urusan keluarga kamu dan keluarga dia”
            Allah bener-bener bakal saring jodoh yang terbaik buat gue. Yang sayang sama gue dan pastinya keluarga gue terutama aa. Gue berpikir kalau dia udah nerima dan sayang sama aa, dia pasti akan lebih sayang sama gue. Ya mungkin ini masalah waktu aja belum dipertemukan dengan orang yang tepat. Yang penting gue bakal terus usaha sama berdoa, minta terus sama Allah dipertemukan diwaktu yang baik dengan orang yang baik juga aammiinnn


Tidak ada komentar:

Posting Komentar