Kamis, 02 Agustus 2018

Kriteria Calon Suami Untuk Shifa


                Umur udah 23 tahun ini. Pasti orang-orang udah sering nanya ke pertanyaan berikut ini,
“Kerja dimana?”
“Udah punya pacar belum?”
“Kapan nikah?”
                Uudah kealamin sendiri sama gue dengan beberapa pertanyaan diatas. Gue coba jawab satu-satu ya.
                Kalau untuk pertanyaan, “sipa sekarang kerja dimana?” gue bakal jawab Alhamdulilah sekarang gue belum kerja. Udah usaha tapi mungkin kata Allah “suruh” jagain keluarga dulu, terlebih jagain ayah sama aa yang butuh perhatian extra.
                “Sipa udah punya pacar belum? Alhamdulilah belum punya juga. Dulu sih punya, tapi sayang kandas ditengah jalan. Faktor tertentu yang jelas wkwk
                “Sipa kapan nikah?” Nah ini nih. Relasi dari pertanyaan sebelumnya yang ditanya “kapan nikah”. Gimana mau nikah, pacar aja belum punya, nikah sama siapa gitu kan wkwk. Selalu berpikir positif aja, sama Allah belum dikasih. Sama Allah diliat gue belum pantes untuk mengurus suami. Kita menikah kan pasti lah ada hal baru yang harus diurus. Entah ke depannya, si istri kelak mau jadi ibu rumah tangga atau emang dibolehin kerja jadi wanita karir, tapi yang jelas tanggungjawab hak dan segalanya komunikasi sama suami.
                Kadang suka mikir, kalau nikah enak kali ya. Bisa berdua sama suami. Seru aja gitu liatnya. Apalagi udah banyak temen-temen yang nikah terus dikasih anaknya cepet, liat updateannya kaya seru aja gitu. Tapi ya balik lagi, hal yang gak kalah penting juga soal keluarga. Menikah pasti kita bakal jauh sama keluarga menurut gue. Otomatis gue bakal ninggalin ayah, caca dan aa.
                Pengen sih nikah. Pengen banget malah. Malah gue gak memungkiri kalau semisal ada laki-laki serius dan tanggungjawab ke rumah insyallah bakal diterima. (ada di bedain ya tulisannya kali aja jodoh gue sedang membaca blog gue ini dan langsun berpikir seperti diatas HAHAHA).
                Tapi suka mikir, nanti yang jagain ayah siapa? Udah mana mamah udah gak ada juga. Nanti kalau ayah mau curhat ke siapa? Maklum gue adalah anak pertama yang dimanja sama ayah. Ayah juga selalu cerita banyak hal ke gue dibanding caca. Terus lagi nanti yang jagain aa siapa? Sekarang aja umur ayah udah 59 tahun, aa 21 tahun. Makin hari umur makin nambah, performa ayah pun semakin rapuh karena usia. Hal yang gue pikir juga, apa bisa caca ngurus ayah sama aa? Sedangkan umur dia masih 15 tahun, baru masuk SMA. Makan sih selama ini kita beli. Beres-beres rumah juga kita bagi tugas. Kalau gue nikah, otomatis bakal lebih berat kerjaan di caca disamping dia jadi pelajar juga.
                Suka kasian liat ayah masih suka nyetir, gue pengen sih gantiin yang nyetir tapi sayangnya gue belum bisa nyetir sampe sekarang karena takut huhu. Suka kasian liat ayah kalau lagi naik motor sama aa, ayah selalu pengen ngikutin kepengen aa yang pengennya jalan terus walaupun sekedar ke depan naik motor santai.
                 
                Ayah selalu bilang, “Gak apa-apa kalau gue mau nikah sekarang. Yang jelas laki-lakinya harus sayang sama teteh, jangan sampai nyakitin teteh apalagi kasar. Kalau dia udah sayang sama teteh, insyallah sayang sama keluarga juga. Dan 1 lagi, dia mau tanggungjawab. Komitmen nikah, entah teteh mau jadi ibu rumah tangga atau kerja ke depannya, kalau semisal calon suaminya gak ngebolehin kerja ya gak apa-apa, asal dia tanggungjawab buat nafkahin keluarga teteh ke depannya.”   
                Sebetulnya kriteria calon suami gue versi ayah ga terlalu ribet sih. Cuma itu. Heheheh tapi ya di jaman sekarang susah menurut gue. Faktor laki-laki yang kebanyakan udah pada punya pacar, ya biasanya jadi dinikahin. Dan yang susah juga menurut gue cari yang emang mau tanggungjawab.
                Nikah gak cuma asal “buat anak” gitu aja. ENGGA. Satuin dua sifat. Satuin dua keluarga. Nerima kurang satu sama lain, nerima keluarga satu sama lain juga. karena pada dasarnya menikah itu termasuk salah satu ibadah bukan? Dibanding kita pacaran lebih banyak ke zinah? Jadi harus dipikir matang-matang.
                Gue juga selalu berdoa, ayah caca dan aa sehat selalu. Kelak kalau gue dilamar, menikah sampe gue punya anak ke depannya mereka selalu ada di moment itu. Agak sedih emang kalau dipikir, nanti gue kalau nikah bakal diwaliin, karena udah gak ada mamah. Tapi pasti Allah selalu tau mana yang baik buat umatnya dan gue yakin kalau gue kuat tanpa mamah sekalipun. Semoga keinginan ayah bisa segera tercapai. Semoga gue cepet mendapat seorang laki-laki yang sesuai kriteria ayah itu, gue yakin kalau menurut ayah boleh, yakin dan cocok gue bakal nurut. Orangtua pasti bakal selalu milih yang terbaik buat anaknya, insyallah juga sejalan dengan takdir yang baik ke depannya. Aaammiinnn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar