Jumat, 08 Juni 2018

Ciri-ciri TUMOR PAYUDARA


            Hari ini bakal bahas ciri-ciri tumor payudara. Mamah meninggal karena kanker payudara. Maka itu saat mulai ngerasa ada benjolan di sekitar payudara langsung panik. Pas cek ke dokter ternyata kata dokter emang ada TUMOR. Ini salah satunya karena keturunan, pola makan dan kurang olahraga.
            Menurut definisinya, tumor adalah benjolan atau jaringan yang tumbuh secara tidak normal, yang dapat bersifat jinak maupun ganas. Dalam tubuh kita, ada yang namanya sel. Pertumbuhan sel ini dibagi jadi dua, 

1.  Pertumbuhan sel normal
            Sel-sel tubuh bergerak tiap saat, yaitu membelah dan berkembang biak secara teratur, terus-menerus, dan beberapa tipe sel melakukannya dengan cepat. Sel-sel yang baru akan menggantikan sel-sel lama yang telah rusak atau mati. Sebagian sel, misalnya sel yang bertugas membuat jutaan sel darah merah tiap hari, akan bergerak dan berkembang biak lebih cepat dibandingkan sel-sel lainnya. Sebaliknya, ada juga sel yang pada masa tertentu tidak lagi berkembang biak. Misalnya, sel otak yang tidak berkembang lagi ketika seseorang telah memasuki usia dewasa.
            Istimewanya, tubuh mengerti akan kebutuhan selnya sendiri. Keistimewaan inilah yang membuat tubuh hanya memproduksi sel sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

2. Pertumbuhan sel tidak normal
            Di luar itu, pada kondisi tertentu, ada sel yang terus tumbuh tanpa terkendali. Sel ini membelah menjadi dua, lalu menjadi empat, kemudian menjadi delapan, dan seterusnya dalam waktu yang relatif singkat. Inilah yang disebut sel tidak normal karena terus tumbuh meskipun tubuh tidak memerlukannya. Bila sel-sel yang tumbuh ini makin banyak dan membentuk pembengkakan atau benjolan, sel ini disebut tidak normal atau abnormal.
            Sel yang abnormal terjadi karena adanya kerusakan gen atau yang mengalami perubahan. Sel-sel yang tumbuh tidak terkendali dan membentuk benjolan inilah yang disebut tumor.
           
            Untungnya setelah ke beberapa dokter, vonisnya emang tumor payudara. Ukurannya lumayan sih. Dan supaya gak waswas mending di operasi. Insyallah sehabis lebaran bakal ke Bandung buat konsultasi dulu sama Dr. Drajat  buat ngomongin hal ini.
Btw selama ada tumor, gue ngerasa cape terus bawaannya. Kata ka Ihsan pikiran ngaruh buat bikin kita cape. Hormon juga mempengaruhi tumornya. Lebih ngerasa nyut-nyutan terus. Kadang sekarang juga gak enak kalau menghadap ke kanan, karena posisi tumornya kan emang di kanan. Jadi lebih suka ngadep ke kiri. Terus juga gak bisa stress. Kepikiran sesuatu aja langsung nyut-nyutan. Ada pergerakan otot juga langsung nyut-nyutan. Untung kalau makan sih gak ngaruh. Malah nambah banyak, karena harus banyak asupan jangan sampe sakit atau stress. Lebih banyak makan sayur, kurangin karbohidrat, banyakin protein juga. tapi gue susah banget yang namanya olahraga, ya karena cape itu jadi susah bawaannya mager hehe
            Semoga sedikit penjelasan soal ciri-ciri tumor bisa diserap para pembacanya. Kalau ada benjolan di bagian tubuh mending langsung dilakuin check up dan konsultasi ke dokter ya. Sehat itu mahal. Kalau udh kaya gini kan gak enak juga ngerepotin orangtua, jadi mending mencegah daripada terlambat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar